Tutorial Membuat Catch Game di Scratch 2

Assalamualaikum..........

Pada kali ini saya akan menjelaskan cara membuat Catch Gme di aplikasi Scratch 2. Tidak lama - lama saya akan menjelaskannya.


Catch Games
Game ini adalah game tentang menahan bola basket ataupun apel agar tidak jatuh ke bawah.

1.Material
Material adalah benda - benda ataupun alat yang dipakai saat proses pembuatannya. Material yang saya pakai saat membuat game  “ Catch Games “ adalah :

Contoh gambar sprite yang saya pakai :
  • Sprite Bola Basket

  • Sprite Garis Merah / line

  • Sprite Trampolin

Contoh gambar backdrop yang saya pakai :
  • Backdrop Lapangan Basket

2. Logika Scratch
Logika Scratch adalah cara memainkan pemainan itu. Logika Scratch pada game saya adalah sebagai berikut :
  • Jika bola basket mengenai trampolin, akan dapat score 1
  • Jika bola basket jatuh dan mengenai garis merah / line, akan dikurangi score 1

3. Langkah Pembuatan
  • Klik tombol New Sprite,
  • Lalu “ CUT “ sprite kucing,
  • Lalu ganti Backdrop,
  • Lalu tambahkan script ini di sprite bola basket,

  • Lalu tambahkan sript di sprite trampolin,

  • Lalu duplikat sprite bola basket,
  • Jika sudah selesai save game dan mainkan, jika ingin memainkannya klik tombol bendera hijau.

4. Kesimpulan dan Saran
Kesimpulannya adalah membuat game itu cukup melatih kesabaran dan kekonsentrasian tetapi, itu semua akan hilang jika game kita bisa dimainkan.

Sarannya adalah jika bermain, jangan lupa ingat waktu dan saat membuat game kalian harus sabar agar laptop kalian tidak rusak.


sekian itu saja dari saya,
Wassalamualaikum...................

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial membuat game space shooter di Scratch 2

Tutorial Membuat Snack Game di Scratch 2